GEMPA BUMI

Gempa Bumi

Adalah getaran atau guncangan yang
    terjadi dipermukaan bumi akibat
    pelepasan energi dari dalam secara
    tiba-tiba yang menciptakan gelombang
    Seismik
Terjadi akibat pergerakan kerak bumi
    ( lempeng bumi )
Istilah-istilah dalam gempa bumi :
1. Hiposentrum = pusat gempa bumi
2. Episentrum = titik/garis gempa di permukaan bumi yg tegak lurus di atas hiposentrum    
3. Seismologi = ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi
4. Ahli seismologi = ilmuwan yang mengkaji gempa bumi
5. Seismograf  = alat yang digunakan untuk mencatat data gelombang seismik
6. Magnitude  = ketinggian garis pada kertas menggambarkan besarnya energi yang dilepaskan saat gempa
7. Seismogram = grafik hasil catatan seismograf

PENYEBAB TERJADINYA GEMPA BUMI
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari  pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan  yang dilakukan oleh lempengan yang  bergerak. Semakin lama tekanan itu kian  membesar dan akhirnya mencapai pada  keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat  ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada  saat itulah gempa bumi akan terjadi.

Klasifikasi berdasarkan penyebab : 



Gempa bumi tektonik
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi  karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang  karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan  oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik.

Gempa bumi gunung berapi
Gempa bumi gunung berapi terjadi berdekatan dengan gunung berapi  dan mempunyai bentuk keretakan memanjang yang sama dengan  gempa bumi tektonik. Gempa bumi gunung berapi disebabkan oleh  pergerakan magma ke atas dalam gunung berapi, di mana geseran  pada batu-batuan menghasilkan gempa bumi. Ketika magma bergerak  ke permukaan gunung berapi, ia bergerak dan memecahkan batu-  batuan serta mengakibatkan getaran berkepanjangan yang dapat  bertahan dari beberapa jam hingga beberapa hari. Gempa bumi  gunung berapi terjadi di kawasan yang berdekatan dengan gunung  berapi, seperti Pegunungan Cascade di barat Laut Pasifik, Jepang, Dataran Tinggi Islandia, and titik merah gunung berapi seperti Hawaii.

B. Skala Kekuatan Gempa Bumi
Pada setiap peristiwa gempa bumi yang terjadi, tentu kita  pernah mendengar istilah skala richter. Semakin besar  kekuatan gempa (magnitudo), semakin besar pula kekuatan  gempa yang terjadi. Ukuran skala gempa (magnitudo)  berdasarkan yang dibuat richter dapat kita lihat pada tabel  berikut.


 














Related

materi 3561202032136206325

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Chanel news

Up Date

Arsip

Tayangan

Tabs

item