LOMBA PADUAN SUARA PALANG MERAH INDONESIA TINGKAT KABUPATEN SLEMAN

 

Lomba paduan suara Palang Merah Remaja tingkat Madya se Kabupaten sleman

 

Atau silahkan klik di lagu di bawah ini, jangan lupa subscribe dan like ya, semoga SMP N 1 Minggir semakin Jaya.

Lagu Garuda Pancasila 

Lagu Numpak Perahu Layar 


Paduan suara ini di ikuti oleh siswa siswi tingkat lanjutan pertama Kabupaten Sleman, yang diadakan oleh Palang Merah Remaja.
 
Lomba ini dilaksanakan 18 Nopember 2018 di gedung serba guna kabupaten sleman. SMP Negeri 1 Minggir mengirim satu kontingen paduan suara, dengan dirigen ananda Esterina Batsyeiba, dan peserta sebanyak 20 anak. Dengan pembimbingnya Saudara Ion Bowo Aji.
 
Dalam kontes lomba paduan suara ini  SMP Negeri 1 Minggir, memperoleh juara harapan dua. Hal ini mungkin belum begitu memuaskan, tetapi melihat dari proses yang telah dilalui tentu saja sangat bermanfaat sekali bagi anak-anak.Anak-anak dilatih bersuara yang benar, membaa notasi yang benar, serta menggunakan pernapasan yang baik dalam bernyanyi. Tentunya proses dan usaha tidak sia-sia, karena sudah memperoleh kejuaraan walau masih juara harapan 2, dan tentu saja berharap untuk ke depannya semakin baik lagi. 

Sangat disayangkan karena adanya wabah pandemi COVID 19 ini kegiatan latihan vokal untuk paduan suara untuk sementara non aktif dulu, dikarenakan supaya jangan sampai menjadi tempat penularan penyakit ini, yang mana ini sangat tidak kita harapkan. Sesuai anjuran pemerintah aktifitas tatap muka dengan anak-anak ditiadakan dulu, untuk menghindari menjangkitnya penyakit mematikan ini.

Pada hakekatnya mengikuti kegiatan paduan suara sangat besar manfaatnya bagi anak-anak kita. Anak dilatih untuk bisa bersosialisasi dengan teman yang lain , tidak menang sendiri, karena untuk memperoleh suara yang baik harus balance antara suara yang satu dengan yang lain baik sopran , alto, tenor maupun bas. Jika paduan suara mereka berimbang dan sesuai dengan partitur lagu yang disajikan tentunya akan menghasilkan suara yang sangat indah.
 
Selain dari aspek keindahannya, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari paduan suara. Salah satunya dalam mengatasi rasa cemas berlebihan yang merupakan salah satu bentuk penyakit mental. Dilansir dari Merdeka.com untuk meredakan rasa cemas, salah satunya dengan mengikuti paduan suara.

Penemuan yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music menunjukkan bahwa paduan suara berguna untuk membantu menenangkan otak serta menurunkan kadar kecemasan dalam diri seseorang.

Kemudian, berdasar penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Abant Izzet Baysal University di Turki. Pada objek sebanyak 35 orang, yang kemudian dipecah menjadi dua kelompok kontrol dan kelompok yang diikutkan dalam kegiatan paduan suara. Diambil sampel air liur mereka untuk dilihat adakah efek positif atau negatifnya.

Ternyata didapatkan hasik, di mana peneliti menemukan kelompok yang mengikuti paduan suara memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kelompok kontrol justru diketahui memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Selain baik untuk kesehatan mental, salah satu manfaat paduan suara adalah menjaga kesehatan fisik. Berdasar laporan ScienceNordic dari penelitian yang dilakukan di Norwegia sebelumnya menemukan, bahwa orang yang tergabung ke dalam kelompok paduan suara justru memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik serta lebih mudah bergaul di tempat kerja.

Hal ini juga diperkuat dengan keterangan Graham Welch dari Institute of Education di University of London. Dirinya menyatakan jika manfaat kesehatan bernyanyi bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental. Sebab, menyanyi akan meningkatkan peredaran oksigen dalam darah serta berguna untuk menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Setelah membaca dari pembahasan saya tentang betapa bermanfaatnya mengikut paduan suara semoga banyak anak-anak yang mengikuti, dan rajin untuk berlatih, sehingga kedepannya dalam mengikuti lomba akan menghasilkan produk yang luar biasa baik, yang pada akhirnya akan menghasilkan anak-anak jempol, anak-anak juara yang sangat membanggakan kita, baik sekolah, wilayah, anak-anak sendiri , maupun orang tua . 
 
Silahkan bergabung bagi yang belum bergabung , semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa bernyanyi nyanyi lagi.
 
Salam Juara.


Related

newsticker 8572865585836036744

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Chanel news

Up Date

item