KERJA BAKTI BERSAMA DI SMP N 1 MINGGIR.


https://www.youtube.com/watch?v=NUkcot5BOj8 Klik disini

Kerja bakti sudah menjadi rutinitas bagi SMP N 1 Minggir, dari tahun ke tahun,baik bersih-bersih  kelas, bersih bersih lingkungan, penataan tanaman dan lain sebagaiya. Kita sering menyebutnya Sabtu bersih jika jadwal rutin sabtu jam terakhir, tetapi adakalanya tidak diadakan hari sabtu, biasanya menjelang ujian atau ulangan bersama. Keluarga besar SMP Negeri 1 Minggir melaksanakan kerja bakti dengan senang hati, karena lingkungan menjadi bersih nyaman dan menjadi kerasan. Bahkan untuk pembuangan sampah sudah dipilah-pilah sesuai jenisnya. Ada yang jenis organik atau anorganik. 

Kerja bakti di sekolah biasanya anak-anak diminta untuk membersihakan kelas yang mereka pakai untuk belajar. Saat kerja bakti di sekolah, si anak-anak akan diminta membawa peralatan bebersih seperti sapu, lap dan sebagainya dan kemudian membersihkan kelas bersama teman-temannya. Selain kegiatan semacam ini, kegiatan sehari-hari seperti secara berkelompok bergiliran membersihkan kelas sepulang sekolah pun termasuk kegiatan kerja bakti di sekolah.

Manfaat dari kerja bakti berikut ini.

1. Belajar bekerjasama

Bekerjasama dengan baik adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki anak-anak. Bekerjasama meliputi pembagian tugas dan komitmen dalam menjalankan tugas yang diberikan. Bekerja bersama-sama membersihakan kelas bukan berarti setiap orang melakukan tugas yang sama, bukan? Anak-anak dapat belajar membagi tugas baik dalam membawa perlengkapan pembersih dan dalam aktivitas kerja bakti itu sendiri sehingga tugas setiap orang menjadi lebih ringan.

2. Pekerjaan jadi cepat selesai

Inti dari kerja bakti adalah bekerja bersama-sama. Nah, pekerjaan membersihkan kelas atau lingkungan sekolah tentu akan lebih cepat jika dikerjaan oleh banyak orang.

3. Kelas dan lingkungan sekolah menjadi bersih

Dengan kerja bakti membersihkan kelas ataupun lingkungan sekolah, tentunya kelas dan sekolah menjadi bersih, sehat dan nyaman untuk aktivitas belajar.

4. Belajar bertanggung jawab

Kerja bakti yang dilakukan dalam bentuk piket harian membersihkan kelas atau sebagai aktivitas besar yang melibatkan seluruh warga sekolah akan mengajarkan sikap tanggung jawab. Anak-anak akan dapat belajar bahwa dirinya sebagai bagian dari warga sekolah yang menggunkan sarana sekolah harus turut bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas dan sekolah.

5.  Belajar bersosialisasi

Saat kerja bakti di lingkungan sekolah anak-anak akan berinteraksi dengan teman-temannya, adik atau kakak kelasnya, guru-guru dan staf sekolah lainnya. Ia akan dapat belajar bagaimana meminta tolong, menawarkan bantuan dan berkomunikasi soal pembagian tugas.


Related

kegiatan 3830931245008862886

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Chanel news

Up Date

item