PRAKTIKUM MEMBUAT ELEKTROSKUP

 




PRAKTIKUM MEMBUAT ELEKTROSKOP


Membuat Elektroskop


  1. Tujuan 

Tujuan kami melakukan percobaan ini adalah untuk dapat membuat elektrskop agar dapat mengetahui jenis muatan listrik pada benda.

  1. Konsep

Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui muatan listrik sebuah benda. Elektroskop juga dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda. Elektroskop bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik. Elektroskop memiliki tiga bagian utama, yaitu kepala elektroskop, daun elektroskop yang tebuat dari lempeng emas atau alumunium, dan logam penghantar atau konduktor yang menghubungkan kepala elektroskop dengan daun elektroskop.



  1. Alat dan Bahan

    1. Botol kaca bekas

    2. Alluminium foil

    3. Kawat tembaga ± 15 cm

    4. Gunting

    5. Plastisin 


  1. Langkah Kerja 

    1. Lubangi tutup botol kaca untuk memasukan kawat tembaga.

    2. Bentuklah kawat tembaga membentuk bunderan dan di ujung membentuk. Jika sudah masukan ke tutup botol yang sudah berlubang. 

    3. Agar tidak longgar, tutup botol bagian dalam diberi plastisin.

    4. Gunting Alluminium foil dengan ukuran secukupnya.

    5. Letakkan potongan Aluminium foil pada  ujung  kawat tembaga yang telah ditekuk lalu lipat Aluminium foil tersebut.

    6. Masukkan kawat tembaga yang telah diberi Aluminium foil ke dalam botol.

    7. Tutup lah botol tersebut.

    8. Gosokkan penggaris plastik pada rambut dan dekatkan pada aluminium foil yang telah dibentuk seperti bola tadi, dan amati apa yang terjadi, apakah aluminium foil di dalam botol diam/bergerak membuka (mekar) dan bagaimana kertas di dalam botol tersebut, diam/bergerak.


  1. Hasil Percobaan
    Data Percobaan Elektroskop

No

Bahan

Elektroskop



Mekar

Menguncup

1.

2.

Penggaris Plastik digosok rambut

Penggaris Plastik yang tidak digosok rambut (netral) 


  1. Kesimpulan 

Dari percobaan yang telah kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa kami telah dapat membuat elektroskop dengan benar. Konsep elektroskop adalah induksi listrik dan hubungan tolak-menolak serta tarik-menarik pada muatan sejenis dan tidak sejenis. Cara kerja elektroskop adalah dengan mendekatkan benda yang akan dideteksi apakah bermuatan atau tidak pada ujung elektroskop kita dapat melihat perubahan posisi daun elektroskop. Jika tetap menguncup maka benda tidak memiliki muatan, dan jika mekar atau membuka maka benda memiliki muatan. Daun elektroskop akan membuka apabila kepala elektroskop  didekatkan dengan benda yang bermuatan listrik. Karena kegunaan elektoskop adalah agar dapat mengetahui jenis muatan listrik pada benda, maka elektroskop yang digunakan harus sudah bermuatan dan jenisnya sudah diketahui. Jika lempeng daun elektroskop semakin membuka lebar, maka jenis muatan pada benda sama dengan jenis muatan pada elektoskop. 


 


Related

praktek 3354166428276498887

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Chanel news

Up Date

item