LKPD 1 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup

LKPD 1
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup
Nama Anggota Kelompok:
1. 1
2.
3.
4
Tujuan: Merumuskan ciri hidup dan tak hidup berdasarkan hasil observasi
Alat dan Bahan:
1. Ikan dalam
kolam di depan laboratorium
2. Meja belajar
Langkah Kerja:
1. Kamu akan melakukan pengamatan terhadap ikan dalam kolam dan meja belajar
2. Catatlah ciri yang kalian amati dari ikan dan meja belajar
3. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut:
Ciri Ikan |
Ciri Meja Belajar |
Keterangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Bandingkan hasil pengamatan kelompokmu dengan kelompok lainnya
5. Buatlah daftar ciri hdiup dan tak hidup, kemudian disukusikan dalam kelompok dan presentasikan di depan kelas
LKPD 2
Identifikasi Karakteristik Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar
Tujuan: Mengidentifikasi karakteristik benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar melalui observasi
Alat dan Bahan:
1. Berbagai jenis benda di lingkungan sekolah
2. Berbagai jenis makhluk hidup di lingkungan sekolah
Langkah Kerja:
- Lakukan pengamatan terhadap beberapa jenis benda dan makhluk hidup di lingkungan sekolah dengan memperhatikan ciri-ciri yang sudah kamu peroleh pada LK sebelumnya
- Berilah tanda cek (V) pada ciri benda atau malhluk hidup yang sesuai, dan tanda silang (X) jika tidak sesuai pada tabel berikut:
NO |
Ciri-Ciri |
Benda/MH 1 |
Benda/MH 2 |
Benda/MH 3 |
Benda/MH 4 |
Benda/MH 5 |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
.. |
|
|
|
|
|
|
Ket:
MH = makhluk hidup
3. Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan mengenai perbedaan ciri-ciri benda dan makhluk hidup
LKPD 3
Klasifikasi Makhluk Hidup(tumbuhan) di Lingkungan Sekitar
Tujuan:
1. Merinci karakteristik makhluk hidup (tumbuhan) di lingkungan sekitar
2. Mengklasifikasikan makhluk hidup (tumbuhan) di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
Alat dan Bahan: Berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar
Langkah Kerja:
1. Lakukanlah pengamatan terhadap karakter dari berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekolah (karakter dapat diamati dari bentuk daun, warna bunga, bentuk batang, tinggi tumbuhan dan lain-lain)
2. Mencatat karakter yang diamatai dalam tabel:
NO |
Jenis Tumbuhan |
Bentuk Daun |
Warna Bunga |
Bentuk Batang |
… |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Mengelompokkan jenis tumbuhan berdasarkan karakteristik yang sudah diamati
4. Buatlah diagram klasifikasi sederhana berdasarkan karateristik yang sudah diamati
5. Mempresentasikan hasil klasifikasi di depan kelas