LKPD 1 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup

 

 

LKPD 1

Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup



Nama Anggota Kelompok:

1.      1

2.

3.

4

 

Tujuan: Merumuskan ciri hidup dan tak hidup berdasarkan hasil observasi

Alat dan Bahan:

1.      Ikan dalam kolam di depan laboratorium

2.      Meja belajar

Langkah Kerja:

1.      Kamu akan melakukan pengamatan terhadap ikan dalam kolam dan meja belajar

2.      Catatlah ciri yang kalian amati dari ikan dan meja belajar

3.      Tuliskan hasilnya pada tabel berikut:

Ciri Ikan

Ciri Meja Belajar

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Bandingkan hasil pengamatan kelompokmu dengan kelompok lainnya

5.      Buatlah daftar ciri hdiup dan tak hidup, kemudian disukusikan dalam kelompok dan presentasikan di depan kelas

 

 

 

LKPD 2

Identifikasi Karakteristik Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar


Tujuan: Mengidentifikasi karakteristik benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar melalui observasi

Alat dan Bahan:

1.      Berbagai jenis benda di lingkungan sekolah

2.      Berbagai jenis makhluk hidup di lingkungan sekolah

Langkah Kerja:

  1. Lakukan pengamatan terhadap beberapa jenis benda dan makhluk hidup di lingkungan sekolah dengan memperhatikan ciri-ciri yang sudah kamu peroleh pada LK sebelumnya
  2. Berilah tanda cek (V) pada ciri benda atau malhluk hidup yang sesuai, dan tanda silang (X) jika tidak sesuai pada tabel berikut:

NO

Ciri-Ciri

Benda/MH 1

Benda/MH 2

Benda/MH 3

Benda/MH 4

Benda/MH 5

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

..

 

 

 

 

 

 

Ket:

MH = makhluk hidup

3.      Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan mengenai perbedaan ciri-ciri benda dan makhluk hidup

 

LKPD 3

Klasifikasi Makhluk Hidup(tumbuhan) di Lingkungan Sekitar


Tujuan:

1.      Merinci karakteristik makhluk hidup (tumbuhan) di lingkungan sekitar

2.      Mengklasifikasikan makhluk hidup (tumbuhan) di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

Alat dan Bahan:  Berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar

Langkah Kerja:

1.      Lakukanlah pengamatan terhadap karakter dari berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekolah (karakter dapat diamati dari bentuk daun, warna bunga, bentuk batang, tinggi tumbuhan dan lain-lain)

2.      Mencatat karakter yang diamatai dalam tabel:

NO

Jenis Tumbuhan

Bentuk Daun

Warna Bunga

Bentuk Batang

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Mengelompokkan jenis tumbuhan berdasarkan karakteristik yang sudah diamati

4.      Buatlah diagram klasifikasi sederhana berdasarkan karateristik yang sudah diamati

5.      Mempresentasikan hasil klasifikasi di depan kelas

 


Related

praktek 6268008218378025062

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Chanel news

Up Date

item